5 ALASAN KENAPA INGIN MENJADI BLOGGER

Blog adalah sebuah laman daring yang dibuat untuk mewadahi kumpulan konten daring yang dapat diakses oleh orang lain.  Pada umumnya konten blog berbentuk tulisan.  Blog menjadi salah satu wadah untuk menuangkan ide yang kita miliki. Blogger adalah orang yang mengelola blog tersebut.

Kalau ditanya tentang apa itu blog dan blogger. Baru sebatas itu pengetahuan yang saya miliki. Masih sangat dangkal. Sebenarnya saya baru mengenal istilah blog dan blogger sekitar beberapa bulan yang lalu, belum sampai satu tahun. Buah dari membaca tulisan-tulisan tentang blog di media internet.

Keingintahuan mengenal istilah blog dan blogger muncul ketika ada kerinduan untuk kembali menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan dan meningkatkan kemampuan dalam bidang tersebut. Sudah sedari muda sebenarnya belajar menulis, tapi karena tidak konsisten, kemampuan  ini terasa berjalan di tempat, tidak ada peningkatan.

Lama tidak menulis, dengan alasan klasik kesibukan mengurus rumah tangga, sering membuat saya merasa buntu ide untuk kembali memulai aktivitas tersebut. Tapi,  mungkin karena telah tertanam kecintaan terhadap tulis menulis, selalu saja muncul dorongan untuk kembali menulis.

Untuk mengingat kembali tentang cara-cara menulis artikel yang baik dan benar, termasuk bagaimana cara mempublikasikannya terutama melalui media daring, mulailah sering searching di google. Ketika itulah banyak menemukan tulisan-tulisan tentang blog. Muncullah ketertarikan untuk belajar ngeblog dan ingin menjadi blogger.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari komunitas yang mewadahi orang-orang yang ingin belajar blog. Dengan harapan, bisa mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang blog. Di samping itu, mendapatkan bimbingan untuk menjadi seorang blogger

Alhamdulillah bertemu dengan komunitas ODOP (One Day One Post). Lalu follow akun instagramnya @komunitas odop. Setelah menjalani masa karantina selama 6 minggu dengan challenge setor satu tulisan dalam setiap harinya, alhamdulillah lolos. Kesempatan untuk menjadi seorang blogger semakin terbuka, karena ODOP membuka kelas OBS (Odop Blogger Squad). Kelas ini bisa diikuti oleh mereka yang benar-benar ingin menjadi blogger profesional.

Saya mengikuti kelas ini karena memang ingin menjadi seorang blogger. Paling tidak ada 5 alasan kenapa saya ingin menjadi blogger.

Pertama, ingin mengasah kemampuan menulis dan menjaga konsistensinya. Dengan memiliki blog dan menjadi blogger, diharapkan bisa terdorong untuk konsisten menulis. Sehingga dengan demikian, kemampuan menulis pun menjadi terasah. Dengan terus menulis, akan terdorong untuk terus memperbaiki tulisan. Alhasil, kualitas tulisan pun akan semakin meningkat, menjadi lebih baik.

Kedua, dengan menjadi blogger bisa mempublikasikan tulisan kepada orang lain dengan lebih mudah dan cepat. Melansir mediaindonesia.com, blog yang bersifat daring dapat membantu pendistribusian konten yang lebih efektif, cepat, dan mudah. Dibanding harus membagikan tulisan yang dicetak secara fisik, blog tampak menjadi opsi yang jauh  lebih baik.

Ketiga, ingin berdakwah dengan tulisan melalui media blog. Berlandaskan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang kemudian saya jadikan motto hidup, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia". (Dihasankan oleh al Albani).

Juga sabda beliau yang lain, "Barangsiapa menunjukkan orang lain pada kebaikan, maka ia akan mendapatkankan pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya". (HR. Muslim).

Semakin banyak orang yang membaca tulisan saya lalu tercerahkan dan mengambil manfaat darinya, semakin banyak pahala kebaikan yang akan saya peroleh.

Keempat, bisa mengarsipkan karya. Apa yang ditaruh di blog akan terus ada dan bersifat menetap selama tidak kita hapus. Maka, dengan menjadi blogger, karya-karya kita akan tersimpan. Sehingga paling tidak akan menjadi bukti bagi keturunan kita bahwa kita pernah ada. Bahkan boleh jadi menjadi kebanggaan mereka, orang tuanya memiliki karya.

Kelima, membaca tulisan-tulisan tentang blog, salah satu manfaatnya bisa menjadi mesin penghasil uang. Maka, tidak munafik, saya pun berharap bisa menjadikan blog yang saya kelola sebagai salah satu sumber penghasil cuan. Saya bisa bekerja tanpa harus banyak keluar rumah. Diharapkan dengan demikian, saya bisa melakukan dua kewajiban sekaligus. Sebagai ibu rumah tangga juga sebagai tulang punggung keluarga.

Saya pun berharap, ketika fisik mulai melemah, tidak mampu lagi melakukan banyak aktivtas, masih tetap bisa berkarya dan memberi manfaat kepada orang lain. Oleh karena itu, bismillah saya memilih  menjadi blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 MINGGU BERSAMA OPREC ODOP

TETAP BERKARYA DI MASA TUA

AMBISI HARTA BERBUAH SURGA